Sabtu, 01 Agustus 2009

Asa Petani : Bulog Harus Beli Gabah

Oleh : Pujo Pujiono SH

KabarIndonesia, Grobogan – Petani di Kabupaten Grobogan berharap Bulog bisa membeli gabah mereka. Mengingat saat ini kondisi cuaca yang tidak menentu menyebabkan petani khawatir harga gabah mereka akan turun drastis.

”Saat ini hujan terus, petani susah menjemur gabah sehingga kadar airnya masih cukup tinggi. Kami berharap Bulog bisa membeli semua gabah milik petani dalam kondisi apapun dengan harga sesuai yang ditentukan pemerintah”, jelas Pujiono, petani di Desa Plosoharjo, Kecamatan Toroh kepada pewarta HOKI Kamis (12/2).

Hal itu juga dibenarkan Kades Plosoharjo Suwoto yang menyatakan, kondisi sekarang ini ditambah banyaknya tengkulak, menyebabkan harga gabah di tingkat petani jauh dari harapan. ”Harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani hanya berkisar 2.100-2.200 rupiah perkg. Hal ini disebabkan oleh hujan yang terus mengguyur. Padahal pada awal panen tiba, harga bisa mencapai 2.300-2.400 rupiah perkg”, ungkap Suwoto.

Kondisi seperti ini langsung ditanggapi Bulog dengan menurunkan Satgas Bulog Sub Divre I Semarang. Selain memantau harga, Satgas juga melakukan pembelian gabah ke petani.

”Saat ini Grobogan tengah panen raya musim tanam (MT) I, sehingga banyak tengkulak. Tanggung jawab kami menstabilkan harga gabah agar tidak dipermainkan tengkulak,” jelas Kepala Sub Divisi Regional (Subdivre) I Bulog Semarang Ec Hermani D. Abdullah. didampingi Kepala Gudang 04 Bulog Purwodadi, Gatot Hendro Waluyo kepada wartawan, saat melakukan pembelian gabah petani di Grobogan kemarin. (*)



Sumber : http://www.kabarindonesia.com

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com

Berita besar hari ini…!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com



***___

Share & Bookmark

Bonus buat Anda yang sudah berkunjung ke Blog saya,

Tutorial Mencari Uang di Internet.. GRATIS

0 komentar:

Posting Komentar

SEJATINYA AKU BERPIKIR © 2008 Template by:
SkinCorner