Sabtu, 17 Oktober 2009

Harga Gabah Anjlok, Petani Merugi

GROBOGAN - Sejumlah petani di Kabupaten Grobogan mengeluhkan jatuhnya harga gabah pada masa panen, awal Februari ini. Harga gabah basah panen rata-rata hanya dibayar Rp 1.900 sampai Rp 2.100 per kilogram.

Kondisi demikian menyebabkan petani merugi. Harga gabah di pasaran anjlok, sementara biaya produksi cukup tinggi. Mulai dari biaya penyediaan benih, pupuk mahal, hingga pengeluaran lain untuk biaya pemeliharaan.

" Sejak awal panen petani ingin menjual gabah dengan harga yang lumayan agar ada keuntungan. Namun oleh tengkulak hanya ditawar Rp 2.100 per kg," jelas Narto (40), warga Dukuh Kleben, Desa Plosoharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Minggu kemarin (10/2).

Pihaknya meminta ada perhatian serius dari pemerintah daerah, melalui dinas/instansi terkait untuk mendongkrak harga gabah. Bahkan sebagian petani di Kecamatan Brati mengaku gabahnya hanya laku Rp 1.900 per kg.

Padahal harga beras jenis 64 saja di pasaran dijual di atas Rp 5.000 per kg. Ditambahkan, hasil panen gabah jenis 64 SS di wilayahnya pada masa tanam (MT) ini cukup bagus.

Keluhan yang sama disampaikan Ny Suminem (37), seorang petani penggarap. Dia berharap hasil panennya laku paling rendah Rp 2.200 per kg. Namun hingga kini belum ada pembeli.

Padahal dia hanya menggarap 1/8 hektar. Setiap 1/8 hektar gabah panen yang diperoleh sekitar 8,5 kuintal. Jika gabahnya laku Rp 2.100 per kg dikalikan 850 kg, hasil yang diperolehnya cuma Rp 1.785.000.

"Belum menghitung sewa sawahnya Rp 1,5 juta per tahun, pupuk urea dan TS sekali tanam habis satu kuintal, merugilah kami," jelas Minte, seorang ibu saat panen dibantu anak lelakinya yang lulusan SMP.

Panen awal
Terpisah, Kepala Desa Plosoharjo, Kecamatan Toroh, Suwoto membenarkan jika harga gabah pada panen kali ini cukup anjlok. Padahal kualitas gabah di wilayahnya tak kalah dengan gabah umumnya.

Setiap tahun musim panen di Desa Plosoharjo terjadi lebih awal. Demikian halnya desa - desa di sekitarnya.


Dikutip dari Sumber,,,
klik disini



Share & Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

SEJATINYA AKU BERPIKIR © 2008 Template by:
SkinCorner